Saturday, August 16, 2014
5
Hari Kemerdekaan Indonesia (1)Kali ini Ammar Fathin akan membahas Artikel yang berjudul Hari Kemerdekaan Indonesia. Indonesia adalah negara Asia Tenggara yang berada diantara Benua Asia dan Benua Australia serta antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik dengan Presiden yang dipilih secara langsung. Kata "Indonesia" terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Indos yang berarti Hindia dan Nesos yang berarti Pulau, sehingga, kata "Indonesia" berarti wilayah kepulauan yang berada di Hindia.

Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Jepang tepatnya di kota Hiroshima dan Nagasaki. Persitiwa tersebut kemudian menjadi pertanda menyerahnya Jepang kepada Amerika Serikat. Indonesia yang pada waktu itu dijajah oleh Jepang memanfaatkan momen ini untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Para pejuang langsung bersiap - siap memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.

Ir. Soekarno belum yakin bahwa Jepang telah kalah dan menyerah, dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia saat itu dapat menimbulkan pertumpahan darah yang besar, dan dapat berakibat sangat fatal jika para pejuang Indonesia belum siap. Ir. Soekarno mengingatkan Hatta bahwa Syahrir tidak berhak memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, karena itu adalah hak Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Sementara itu Syahrir menganggap PPKI adalah badan buatan Jepang.

Pada tanggal 16 Agustus 1945 Ir. Soekarno dan Hatta diculik dan dibawa ke Rengasdengklok oleh para pejuang muda. Mereka meyakinkan Ir. Soekarno dan Hatta bahwa Jepang benar - benar telah menyerah. Setelah peristiwa tersebut, Ir. Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta dan mengadakan rapat untuk menyusun teks Proklamasi. Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno membacakan teks Proklamasi. Sehingga, setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Hari Kemerdekaan Indonesia (2)
Klik Untuk Memperbesar

Sekian isi dari Artikel saya yang berjudul Hari Kemerdekaan Indonesia. Terima kasih banyak karena telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan sopan. Semoga bermanfaat.

5 Komentar :