Saturday, May 16, 2015
0
Ukuran Alam Semesta (1)Kali ini Ammar Fathin akan membahas Artikel yang berjudul Ukuran Alam Semesta. Ukuran Alam Semesta tidak ada yang tahu secara tepat. Tapi beberapa peneliti telah mengetahui perkiraan ukuran Alam Semesta ini. Dengan menggunakan Teleskop Raksasa yang diluncurkan ke luar angkasa, akhirnya para peneliti tersebut dapat memperkirakan ukuran Alam Semesta dengan membandingkan ukuran planet, bintang, galaksi, dan objek luar angkasa lainnya.



Bumi sebagai tempat tinggal milyaran manusia bukan apa apa jika dibandingkan dengan Matahari. Ukuran Matahari 300.000 kali lebih besar daripada Bumi. Matahari juga sebenarnya bukan apa apa jika dibandingkan dengan ukuran bintang lain yang ada pada Galaksi Bima Sakti (Milky Way Galaxy). Dalam Galaksi Bima Sakti terdapat banyak bintang lain yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan Matahari.
Ukuran Alam Semesta (2)
Klik Untuk Memperbesar

Galaksi Bima Sakti tempat kita hidup di dalamnya adalah misteri besar bagi banyak manusia. Bintang di langit yang dapat kita lihat dari Bumi merupakan sebagian kecil dari jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti. Menurut peneliti, jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti adalah sekitar 400 milyar. Diameter Galaksi Bima Sakti diperkirakan 120.000 tahun cahaya (1 Tahun Cahaya = 10.000.000.000.000 Kilometer). Jarak Matahari ke pusat Galaksi Bima Sakti adalah sekitar 28.000 tahun cahaya sehingga waktu yang dibutuhkan Matahari untuk mengelilingi Galaksi Bima Sakti sebanyak satu putaran adalah sekitar 200 tahun.
Ukuran Alam Semesta (3)
Klik Untuk Memperbesar

Di dalam Galaksi Bima Sakti terdapat banyak bintang yang setiap bintangnya juga terdapat planet yang mengorbit. Jadi ada kemungkinan di dalam Galaksi Bima Sakti terdapat planet yang mirip dengan Bumi. Bagaimana dengan Galaksi lain? Galaksi terbesar yang pernah ditemukan adalah Galaksi IC 1101 yang memiliki diameter sekitar 6.000.000 tahun cahaya yang berarti 50 kali lebih besar dibandingkan Galaksi Bima Sakti. Di Alam Semesta ada sangat banyak Galaksi lain, sehingga dapat dibayangkan seberapa besar ukuran Alam Semesta.
Ukuran Alam Semesta (4)
Klik Untuk Memperbesar

Bumi adalah 1 dari sekian banyak planet di Alam Semesta. Berdasarkan pernyataan tersebut, muncul bermacam - macam pertanyaan. Jika ada banyak bintang di Galaksi Bima Sakti dan ada banyak Galaksi di Alam Semesta, apakah ada makhluk cerdas seperti manusia? Jika ada makhluk cerdas lain seperti manusia, mengapa mereka tidak menampakkan diri mereka? Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Jika Alam Semesta sebesar itu, bagaimana dengan Sang Pencipta?

Sekian isi dari Artikel saya yang berjudul Ukuran Alam Semesta. Terima kasih banyak karena telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan sopan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar :

Post a Comment