Thursday, January 30, 2014
0
Tahun Baru Imlek (1)Kali ini Ammar Fathin akan membahas Artikel yang berjudul Tahun Baru Imlek. Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari dan bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas. Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chuxi yang berarti "Malam Pergantian Tahun".

Di Tiongkok, adat dan tradisi wilayah yang berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek sangat beragam. Di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan, Tahun Baru Imlek juga dirayakan. Dan pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.

Di balik perayaan Tahun Baru Imlek, ternyata terdapat sebuah legenda. Menurut legenda, dahulu kala, Nian adalah seekor raksasa pemakan manusia dari pegunungan yang muncul di awal tahun untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri mereka, para penduduk menaruh makanan di depan pintu mereka setiap awal tahun datang. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal itu, Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil panen mereka.

Pada suatu waktu, penduduk melihat Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut pada warna merah, sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kertas merah di jendela dan pintu mereka. Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Dari sinilah tradisi menghias rumah dengan lentera merah dan menyalakan kembang api pada Tahun Baru Imlek berawal. Guo Nian yang berarti "Menyambut Tahun Baru", secara harafiah berarti "Mengusir Nian".

Sekian isi dari Artikel saya yang berjudul Tahun Baru Imlek. Terima kasih banyak karena telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan sopan. Semoga bermanfaat.

Resource : http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Baru_Imlek

0 Komentar :

Post a Comment