Tuesday, January 14, 2014
2
Maulid Nabi Muhammad (1)
Kali ini Ammar Fathin akan membahas Artikel yang berjudul Maulid Nabi Muhammad. Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awwal dalam penanggalan Hijriyah. Kata Maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat.

Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh raja Irbil (wilayah Iraq sekarang), bernama Muzhaffaruddin Al - Kaukabri, pada awal abad ke 7 Hijriyah. Ibn Katsir dalam Kitab Tarikh berkata: “Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabiul Awwal. Beliau merayakannya secara besar - besaran. Beliau adalah seorang yang berani, pahlawan,` alim dan seorang yang adil. Semoga Allah merahmatinya”.

Dalam peringatan tersebut, Sultan Al - Muzhaffar mengundang seluruh rakyatnya dan para ulama. Tiga hari sebelum hari pelaksanaan Maulid Nabi beliau telah melakukan berbagai persiapan. Ribuan kambing dan unta disembelih untuk hidangan para hadirin yang akan hadir dalam perayaan Maulid Nabi tersebut. Segenap para ulama saat itu membenarkan dan menyetujui apa yang dilakukan oleh Sultan Al - Muzhaffar tersebut.

Para ulama, semenjak zaman Sultan Al - Muzhaffar dan zaman selepasnya hingga sampai sekarang ini menganggap bahawa perayaan Maulid Nabi adalah sesuatu yang baik. Karena itu perayaan Maulid Nabi, yang biasa dirayakan di bulan Rabiul Awwal menjadi tradisi ummat Islam di seluruh dunia, dari masa ke masa dan dalam setiap generasi ke generasi.

Sekian isi dari Artikel saya yang berjudul Maulid Nabi Muhammad. Terima kasih banyak karena telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar dengan sopan. Semoga bermanfaat.

Resource : http://id.wikipedia.org/wiki/Maulid_Nabi_Muhammad

2 Komentar :

  1. Ini memang hari yang sangat bersejarah bagi seluruh umat muslim dunia dimana hari mauled ini merupakan hari kelahiran Rasul Allah. SWT… thank’s om.. jangan lupa kunbalnya

    ReplyDelete